Renang bebas adalah: pemahaman, teknik menggambar dasar

Renang-bebas-adalah-pemahaman-teknik-menggambar-dasar

Pengertian berenang bebas
Baca cepat Buka

Gaya bebas adalah berenang dengan dada menghadap ke permukaan air. Kedua lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mendayung, sedangkan kedua kaki secara bergantian diayunkan ke atas dan ke bawah, ke atas dan ke bawah. Gaya bebas merupakan gaya renang yang paling cepat dibandingkan dengan gaya lainnya.
Teknik renang dasar gratis

Renang-bebas-adalah-pemahaman-teknik-menggambar-dasar

Berikut beberapa teknik dasar renang gaya bebas yaitu sebagai berikut:

1. Teknik gerakan tangan

Teknik gerakan tangan

Yaitu sebagai berikut:

Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (telapak tangan agak rapat, tapi tidak harus direkatkan)
Kemudian tarik tangan kiri Anda ke bawah, tarik lebih jauh ke belakang.
Kemudian, angkat tangan kiri Anda keluar dari air dan ayunkan ke depan sejauh yang Anda bisa (saat tangan berada di atas air, siku sedikit ditekuk di dekat telinga, lalu luruskan kembali dan ayunkan sejauh mungkin. maju ke dalam air).
Ketika tangan kiri Anda diangkat dari air, segera gerakkan dan tarik tangan kanan Anda ke belakang – seperti yang Anda lakukan pada gerakan tangan kiri pada langkah b.
Kemudian, angkat tangan kanan keluar dari air dan ayunkan tangan kanan ke depan sejauh mungkin (ketika tangan berada di atas permukaan air, siku tangan kanan sedikit ditekuk di dekat telinga, lalu rentangkan ke belakang dan ayunkan sejauh mungkin ke permukaan air) -sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah c. Ulangi langkah b – e di atas.

2. Teknik gerakan kaki

Teknik gerakan kaki

Gerakan kaki dalam renang gaya bebas berperan sebagai penggerak dan terutama sebagai penstabil dan pengatur keseimbangan. Latihan gerakan kaki biasanya dilakukan pada panggul yang dangkal. Teknik gerakan kaki dalam renang gaya bebas adalah:

Posisi awal. Kedua lengan bertumpu tegak lurus dengan tubuh di dasar panggul, jari-jari mengarah ke depan, kedua tangan berpegangan pada tepi panggul. Badan dan kaki lurus ke belakang, rata dengan permukaan air, kepala atau menghadap ke depan.
Pindah:

Gerakan dimulai dari panggul dan diakhiri dengan gerakan pergelangan kaki.
Gerakan kaki ke bawah dilakukan dengan cukup giat, terutama gerakan pergelangan kaki. Jarak antara bagian atas dan bawah kaki kira-kira. 25-40cm.

Prinsip gerakan kaki dalam renang gaya bebas:

Gerakan kaki dilakukan dengan naik dan turun dalam bidang vertikal, bergantian dengan kaki kanan dan kiri.
Gerakan dimulai pada paha, dan lutut ditekuk selama gerakan menendang dan diluruskan pada akhir tendangan.
Saat tendangan dilakukan, telapak kaki bergerak, kaki diluruskan dan ditekuk di akhir tendangan.
Menggerakkan kaki ke atas dilakukan dengan postur lurus.
Kekuatan gerakannya adalah dorongan ke bawah dilakukan dengan keras, sedangkan dengan kaki ke atas dilakukan secara perlahan.

3. Teknik pernapasan dalam renang gaya bebas

Yaitu sebagai berikut:
Baca lebih lanjut: Wirausaha adalah

Menghirup (menghirup) gaya bebas yang telah kita lakukan selama 2/3 dari jabat tangan kita dan kita berakhir ketika tangan kita kembali ke dalam air.
Ambil napas di sebelah kiri sebagai contoh. Ketika kita melangkah sejajar dengan dada dengan tangan kiri, ada gaya apung di sisi kiri tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh miring ke kiri. Kemudian kita mulai bernapas. Dan kemiringan tubuh kita sendiri akan membantu wajah kita muncul dengan mudah dan alami di permukaan air.
Saat wajah Anda tenggelam kembali ke dalam air, hembuskan udara dari hidung dengan lembut. Hal ini menyebabkan gelembung air keluar dari hidung.

4. Gerakan gabungan tangan, kaki & pernapasan dalam

Yaitu sebagai berikut:

Kaki terus bergerak seperti pada poin 1 di atas.
Pernapasan terjadi ketika tangan kiri diayunkan ke depan untuk terjun kembali ke dalam air sedangkan tangan kanan naik ke permukaan. Pada titik ini, gerakkan kepala Anda ke kanan untuk menghirup udara.
Demikian juga, jika Anda lebih suka bernapas ke kiri, yang terjadi ketika tangan kanan diayunkan ke depan untuk kembali ke air dan tangan kiri naik ke permukaan.
Saat Anda menarik napas, jangan angkat kepala Anda, putar saja kepala Anda ke kanan (atau Anda bisa berbelok ke kiri … pilih yang lebih nyaman bagi Anda).

 

Lihat Juga :